spoiler mobil

Ketahui Kegunaan Spoiler Mobil Berikut dengan Bahan dan Jenisnya

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digunakan untuk berkendara. Pada kendaraan roda empat ini terdapat salah satu komponen yang biasa disebut dengan nama spoiler mobil. Spoiler umumnya terletak di bagian belakang mobil. Banyak orang yang mengira adanya spoiler semata-mata untuk mempercantik bagian mobil saja. Padahal spoiler memiliki kegunaan yang lebih dari itu. Spoiler sebenarnya memiliki fungsi utama untuk meningkatkan daya aerodinamis pada mobil saat digunakan untuk melaju pada kecepatan tinggi.

Dengan menggunakan spoiler, kondisi mobil melayang ketika melaju dengan kecepatan tinggi bisa diatasi. Apalagi pada mobil dengan berat 700-950 kg. Dimana spoiler akan memberi gaya tekan pada atap mobil. Dengan gaya tekanan inilah yang membuat traksi yang didapatkan mobil menjadi jauh lebih baik. Sehingga mobil bisa melaju dan melesat dengan baik tanpa khawatir melayang atau terbalik.

Tak hanya meningkatkan daya aerodinamis pada mobil saja, adanya spoiler berguna untuk menangkis kotoran pada kaca belakang mobil, seperti kotoran debu, air hujan, dll. Karena turbulence udara pada area tersebut juga sering menjadi masalah yang umum terjadi pada mobil hatchback. Dalam memasang spoiler, perlu diperhatikan dengan baik agar pemasangannya benar-benar tepat. Karena spoiler yang dipasang kurang tepat bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Selain itu juga bisa membuat keamanan dan keselamatan dalam berkendara menjadi terganggu.

Di pasaran, spoiler mobil terbilang menjadi salah satu komponen yang mudah didapatkan. Baik yang berasal dari keluaran pabrikan, maupun yang berasal dari supermarket-supermarket otomotif. Harga jual dan model spoiler yang dijual pun sangat bervariasi. Selain itu bahan dasar spoiler pun juga berbeda-beda, tergantung dari jenis dan tipe mobil. Spoiler bisa dipakai pada jenis mobil harian maupun mobil balap. Namun umumnya memang terdapat pada mobil yang memiliki performa tinggi.

Tujuan utama menggunakan spoiler yaitu untuk meningkatkan daya cengkram mobil pada jalan. Karena jika mobil tidak memiliki spoiler, maka mobil harus lebih berat atau kompon ban harus diganti. Karena itu dengan adanya spoiler akan membuat kendaraan jauh lebih ringan dan mudah dikendarai. Selain itu, pada beberapa mobil jenis supercar atau hypercar dengan spoiler elektrik juga berguna sebagai air brake. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahan spoiler untuk mobil sangat bermacam-macam, antara lain sebagai berikut:

  1. Plastik ABS yang dicampur dengan pengisi granular agar spoiler menjadi lebih kaku.
  2. Fiberglass, memiliki sifat lebih tahan lama, namun tidak cocok untuk produksi skala besar karena waktu pengerjaannya yang lama.
  3. Silikon, memiliki karakteristik thermal yang tinggi dan tahan lama.
  4. Carbon fiber, merupakan bahan spoiler yang sangat ringan dan kuat, namun terbilang cukup mahal dikarenakan proses pengerjaannya yang manual.

Itu tadi bahan pembuat spoiler yang perlu Anda ketahui. Sedangkan jenis spoiler untuk mobil ada 4 tipe utama, yaitu:

  1. Pedestal spoiler, jenis ini merupakan yang paling umum digunakan pada mobil.
  2. Front spoiler, jenis spoiler yang dibuat untuk mengurangi hambatan yang dapat dibuat oleh rear spoiler.
  3. Lip spoiler, merupakan jenis spoiler yang dibuat dengan tujuan sebagai estetika untuk mempercantik tampil mobil saja.
  4. Wing spoiler, jenis ini biasa digunakan pada mobil balap.

Dalam memasang spoiler mobil, sebisa mungkin harus dilakukan dengan benar. Karena jika kurang sesuai dalam pemasangannya maka tidak akan meningkatkan downforce. Selain itu, jika menggunakan spoiler yang terlalu berat, bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Efek lainnya juga sama seperti saat menggunakan aksesoris mobil yang terlalu berat pada umumnya.

Keranjang

close
WhatsApp WhatsApp