Jenis – Jenis Peredam Suara Untuk Mobil

Siapa sih yang tidak ingin berkendara mobil dengan suasana kabin mobil yang senyap dan kedap dari suara-suara di luar yang bising?. Sehingga lagu – lagu yang diputar untuk mengiringi di sepanjang perjalanan terdengar jelas dan enak didengarkan ?

Kenali jenis-jenis peredam suara untuk mobil

Sebagian besar masyarakat hanya mengetahui bahwa peredam suara yang dipasang pada mobil hanya untuk meredam suara agar kabin mobil lebih senyap. Namun nyatanya, peredam suara juga berfungsi untuk memantulkan suara dari audio sehingga terdengar lebih jernih, menahan getaran pada kendaraan dan juga dapat menahan panas karena terik panas matahari sehingga bisa dibilang, memasang peredam suara pada mobil meningkatkan kenyamanan lebih saat berkendara.

Sejatinya setiap mobil yang di produksi dan dipasarkan di Indonesia sudah dilengkapi dengan peredam suara. Untuk mobil-mobil kelas luxury atau mewah, peredam suara yang dipasang oleh pabrik sudah sangat baik dan mampu meredam suara-suara dari luar kabin agar tidak dapat masuk, entah itu suara knalpot kendaraan lain atau deru mesin terutama mesin bertenaga diesel yang ada pada mobil kita sendiri atau pun suara gesekan ban dan jalan yang beraspal.  Peredam yang dipasang juga sudah mampu menangkal panas matahari sehingga kabin terasa lebih sejuk.

Namun pada mobil-mobil yang termasuk dalam kelas menengah ke bawah, peredam suara yang disematkan oleh pabrik boleh dikata masih belum bagus dan perlu penambahan pemasangan peredam suara oleh konsumen yang membelinya. 

Agar pemasangan peredam suara pada mobil dapat menghasilkan peredaman suara, getaran bahkan panas yang sempurna, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis peredam suara aftermarket yang banyak dijual. 

  1. Jenis peredam yang terbuat dari aspal. 

Berguna untuk menutup semua pori-pori pada body mobil dan membuat panel mobil lebih tebal. Peredam ini memiliki berat yang lumayan ketika diaplikasikan pada mobil.

  1. Jenis peredam yang terbuat dari karet atau butyl rubber

Peredam ini berbahan dasar karet yang dilapisi dengan aluminium foil sehingga mampu menahan panas dan dapat menjaga kerekatan pada lem.  Butyl rubbet memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan peredam yang berbahan dasar aspal.

  1. Jenis peredam yang terbuat dari foam atau busa ; 

disebut juga sebagai isolator. Fungsinya adalah untuk memblokir suara-suara yang akan masuk ke dalam kabin mobil. Karena tidak tahan panas, maka jenis peredam ini tidak cocok dipasang pada kap mobil.

Dilansir dari laman official Daihatsu, ada beberapa merek peredam mobil yang sudah terkenal nama dan kualitasnya di Indonesia untuk dapat dijadikan bahan referensi dan pertimbangan ketika anda akan memasang peredam suara di mobil anda .

1. NITTO 

   Merk Nitto sudah terkenal sejak 20 tahun yang lalu di dunia industri otomotif di Indonesia. Produk yang dinilai cukup baik dari Nitto antara lain EPI Sealer 686 untuk peredam suara dan panas, Legetolex  D-300N untuk peredam guncangan. Kedua produk ini bisa diaplikasikan pada semua merek, jenis dan type mobil

2. NOISE KILL

   Dengan menggunakan butyl rubber (karet butil) yang dilapisi aluminium foil sebagai bahan baku utamanya, peredam suara noise kill yang anti leleh ini terbilang peredam yang paling baik mutu kekedapan suara dan panas pada kabin mobil yang dihasilkan. Sama halnya dengan produk Nitto, peredam ini cocok untuk semua merek, jenis dan type mobil 

3. STANDARTPLAST

    Peredam ini berasal dari negara Rusia yang menggunakan bahan dasar ringan yang mampu meredam suara dengan baik. Label yang beredar adalah autofun.

Keranjang

close