headlamp rumahmodifikasi

Headlamp atau Lampu Sorot Mobil Tipe LED dan HID

Setiap barang di bumi ini pasti memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Begitu juga dengan kendaraan yang sering kita temui atau bahkan mungkin kamu adalah salah satu pemilik kendaraan baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua. Kendaraan yang kita miliki ini terdiri dari komponen yang sangat beragam. Apakah kamu sudah mengetahui fungsinya secara keseluruhan? Atau mungkinkah kamu masih belum mengetahui nama-nama komponen kendaraan tersebut?

Wah, ada pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang”. Bagaimana kamu bisa menyayangi mobilmu jika komponen-komponennya saja tidak tahu? Kalau sudah begini, suatu saat tiba-tiba terjadi kerusakan, kita malah kebingungan karena tidak tahu apa sebab kerusakannya, bagian mana yang rusak, dan bagian mana yang perlu diperbaiki.

Nah, salah satu komponen terpenting yang mungkin saja kalian tidak tahu secara detail bahwa bagian ini memiliki banyak jenis dan memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan lainnya adalah headlamp mobil. Kira-kira nih jika disuruh menyebutkan tipe headlamp mobil, apa kalian bisa mengetahui semuanya? Jika iya, maka kamu sudah berhasil mengenali kendaraanmu sendiri, namun apakah kamu tau masing-masing fungsinya? Jika tidak, kamu perlu membaca ulasan berikut ini dengan teliti.

Tentang Headlamp atau Lampu Sorot Mobil

Headlamp mobil berfungsi sebagai lampu utama untuk menerangi jalan. Seiring perkembangan teknologi, lampu headlamp ini juga mengalami perkembangan di antaranya memiliki multireflektor yang membuat hasil cahaya lebih terang dibandingkan sebelumnya. Umumnya, lampu sorot mobil yang utama ini alias lampu headlamp mobil memiliki tiga posisi kerja yaitu low, high, dan flash. Untuk posisi kerja yang low, sorotan cahaya hanya akan mencapai jarak yang dekat. Untuk posisi high, sorotan cahaya yang dihasilkan dapat mencapai jarak yang jauh. Semakin canggih zaman ini, semakin canggih pula headlamp mobil yang dirilis bersamaan dengan komponen lainnya.

Tanpa adanya headlamp yang berfungsi dengan baik, maka pengemudi mobil di malam hari akan menjadi kesulitan dan mungkin bisa membahayakan jiwanya. Untuk itu, headlamp mobil harus selalu diperiksa kondisi dan fungsinya, agar bisa bekerja dengan baik dan tidak membahayakan pengemudi saat sedang berkendara. Seiring dengan perkembangan teknologi, headlamp memiliki beberapa fitur yang sangat berguna saat berkendaraan. Simak infonya dibawah ini.

1. Auto Headlamp

Fitur ini akan menyalakan lampu lampu besar (posisi low) dan lampu kota secara otomatis pada saat mobil terdeteksi kekurangan cahaya atau gelap, contohnya saat memasuki terowongan. Hal ini dikarenakan pada sistem headlamp sudah dilengkapi dengan automatic light control sensor yang bisa mendeteksi kecerahan cahaya di sekitar mobil. Sensor ini biasanya diletakkan di bagian atas dashboard. Cukup posisikan switch headlamp pada posisi auto, maka sistemnya akan bekerja secara otomatis.

2. Follow Me Home

Fitur ini akan menyalakan lampu headlamp selama 30 detik untuk menerangi area depan mobil saat pengemudi akan keluar dari mobilnya. Fitur ini dapat menemani pengemudi pada saat akan masuk rumah pada malam hari. Caranya dengan mematikan dan cabut kunci kontak dan posisikan tuas headlamp pada auto, kemudian tarik ke posisi flash lalu keluar dari mobil. Maka lampu headlamp tersebut akan menyala secara otomatis.

3. Auto Turn Off

Fitur ini digunakan untuk mengantisipasi, jika pengemudi lupa mematikan headlamp saat mematikan mesin dan keluar meninggalkan kendaraan. Hal tersebut akan menyebabkan baterai menjadi cepat drop. Dengan fitur ini, maka headlamp tersebut akan mati secara otomatis sehingga baterai menjadi aman dan tidak cepat drop.

4. Auto Level Control

Ketinggian sorot lampu kepala pada mobil dipengaruhi oleh beban penumpang dan barang bawaan di bagasi. Saat mobil sudah diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan, maka lampu kepala dapat menyorot ke atas. Hal ini dapat menyilaukan penumpang yang berada didepannya. Dengan fitur ini, ketinggian sorot lampu kepala dapat disesuaikan dengan beban penumpang yang ada. Sehingga saat penumpang dan barang bawaan sudah diturunkan, sorot lampu akan kembali pada level ketinggian yang semula. Sistem ini juga dilengkapi dengan sensor ketinggian yang dipasang pada bagian suspensi belakang.

5. Adaptive Frontlight System

Pada sistem lampu depan konvensional saat mobil sedang berbelok, maka sorot lampu depan tidak dapat mengikuti arah laju kendaraan. Arah laju mobil cenderung lebih cepat daripada sorot lampu depan. Hal ini memiliki kelemahan dan kekurangan, karena saat mobil sedang berbelok ke kiri dan jika disebelah kiri terdapat pejalan kaki, maka respon pengemudi akan menjadi lambat. Begitu juga saat mobil akan berbelok dan berpapasan dengan mobil lainnya, sorot lampu dapat menyilaukan pengendara lainnya yang datang dari arah berlawanan. Hal tersebut dapat diatasi dengan sistem ini, dengan sistem AFS ini akan sedikit membelokkan sorot lampu depan sesuai dengan arah belok pengemudi. Harus diingat, bahwa sudut belok lampu depan hanya beberapa derajat dan jauh lebih kecil dari sudut belok roda depan. Kinerja AFS sendiri, ditentukan oleh kecepatan anda saat berkendara dan besarnya sudut belok.

Jenis Headlamp atau Lampu Sorot Mobil

HEADLAMPMemilih lampu sorot atau headlamp mobil menjadi hal yang perlu diperhatikan. Terdapat berbagai jenis headlamp yang bisa digunakan untuk modifikasi mobil. Tidak hanya agar terlihat keren saja headlamp memiliki fungsi penting pada mobil. Karena fungsi tersebut tidak boleh sembarangan memilih headlamp. Kenali beberapa jenis headlamp yang sering digunakan pada mobil saat ini.

1. Lampu Headlamp Halogen Mobil

Headlamp dengan tipe halogen ini adalah yang paling sering digunakan pada setiap merek mobil. Halogen sendiri merupakan jenis lampu mobil pijar dengan desain yang lebih baik guna untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada lampu pijar biasa. Lampu tersebut juga menggunakan kaca kuarsa yang tipis dan tahan panas, serta penggunaan gas halogen di dalamnya yang membuat lampu ini menjadi lebih terang. Untuk kemampuan dan daya tahan operasional, tipe lampu halogen mencapai 500 hingga 1.000 jam dan memiliki daya anta 35 – 55 watt. Berikut ini kelebihan atau keunggulan yang dimiliki headlamp tipe halogen, diantaranya :

  • Perawatan yang cukup mudah.
  • Harga lebih terjangkau.
  • Memiliki penerangan dan fokus yang baik.

2. Lampu Headlamp HID Mobil

HID atau High Intensity Discharge terbuat dari campuran logam dan gas mulia sehingga dapat menghasilkan cahaya putih yang terang. Berbeda dengan halogen, headlamp HID ini tidak mempunyai filamen. Headlamp HID bekerja dengan menggunakan pengapian gas xenon yang terdapat dalam tabung. Umumnya lampu HID memiliki daya sebesar 35 watt dan masa penggunaan yang bisa mencapai 2.500 jam. Untuk pemasangan headlamp tipe HID ini cukup rumit karena menggunakan arus listrik yang berbeda, sehingga memerlukan ballast sebagai penyeimbangnya. Berikut ini kelebihan atau keunggulan dari headlamp tipe HID, antara lain :

  • Ketahanan yang lebih lama.
  • Intensitas cahaya yang lebih terang.
  • Tidak memerlukan daya listrik yang tinggi.
  • Desain lebih bagus.

3. Lampu Headlamp LED Mobil

LED merupakan kepanjangan dari Light Emitting Diodes, pada mulanya lampu tipe ini lebih sering digunakan untuk lampu rem atau lampu pada plat nomor. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini telah banyak mobil yang menggunakan lampu LED ini sebagai headlamp atau lampu utama. LED pada prinsipnya, mampu mengkonversikan energi listrik secara langsung menjadi cahaya putih dan terang dengan daya tahan operasional mencapai 5.000 jam. Berikut ini kelebihan atau keunggulan yang diberikan oleh headlamp tipe LED, yaitu :

  • Hemat daya listrik pada mobil.
  • Lebih Awet untuk digunakan.
  • Harga lebih bersahabat.
  • Cahaya lebih terang.
  • Desain lebih keren.

Beli Headlamp Mobil di Rumah Modifikasi

Sekarang kamu sudah mengetahui tipe dan fungsi dari headlamp pada mobil kamu. Nah, jika kamu ingin meng-upgrade lampu tersebut secara keseluruhan, kamu bisa mencarinya di Rumah Modifikasi. Hanya dengan sekali klik saja bermodalkan smartphone, maka kamu sudah bisa berbelanja online untuk headlamp mobil kamu. Caranya bagaimana? Kamu hanya perlu membuka website resminya di www.rumahmodifikasi.com dan akan muncul halaman web nya, kemudian kamu membutuhkan sebuah akun untuk memulai proses orderan. Jika kamu masih pemula, maka silahkan registrasi untuk membuat akun. Setelahnya kamu bisa langsung mencari produk dan memesan. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu nikmati jika berbelanja online aksesoris mobil di Rumah Modifikasi.

Dengan berbelanja di toko online ini, kamu akan lebih hemat biaya karena harga yang ditawarkan cukup murah. Kemudian kamu juga bisa lebih hemat tenaga serta waktu karena kamu tidak perlu mengunjungi store nya untuk membeli lampu, melainkan hanya duduk manis di rumah dan memesan via gadget kamu. Jika orderan kamu sudah siap, kamu pun tidak perlu datang untuk mengambil barang karena Rumah Modifikasi sudah bekerja sama dengan layanan ekspedisi ternama, dan kamu juga tidak perlu takut barang akan hilang karena kamu dapat melacak orderan kamu. Jika kamu sudah familiar dengan belanja online di marketplace, kamu bisa memesan di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau di Shopee. Sangat mudah bukan?

Selamat berbelanja dan upgrade mobil kamu sekarang juga!

Keranjang

close