Hati-hati ! Kenali Tanda-tanda Harus Ganti Kampas Rem

Rem merupakan salah satu bagian dari kendaraan; termasuk mobil yang memiliki peranan penting untuk keamanan dan keselamatan saat berkendara. Bukan saja bagai si pengendara yang mengemudikan mobil itu sendiri tetapi juga bagi keselamatan pengguna jalan lainnya.

Fungsi rem yang bekerja dengan baik dapat menghindarkan kecelakaan lalu lintas dalam kondisi yang fatal. Salah satu hal yang perlu pengecekan dan harus diganti secara rutin terkait kinerja rem yang baik adalah komponen kampas rem. 

Resiko Terlambat Mengganti Kanpas Rem 

Kelalaian dalam perawatan bagian ini dan tidak menggantinya sesuai kebutuhan kendaraan akan berakibat buruk bagi pengendara dan mobil itu sendiri. Keterlambatan mengganti kampas rem dan tetap memaksakannya untuk tetap melaju akan memiliki dampak terusan. 

Kampas rem terdiri dari tiga lapisan, yaitu besi, lapisan asbes putih dan lapisan paling atas yang bergesekan langsung dengan cakram rem berbahan asbes berwarna gelap. Ketika sudah aus dan kampas rem tidak diganti maka akan terjadi gesekan antar plat besi. Besi pada kaliper akan bergesekan dengan piringan cakram, sehingga bisa mengakibatkan piringan menjadi lecet dan terkikis. Bahkan percikan api bisa terjadi akibat gesekan ini.

Jika kondisi seperti ini sudah terjadi, maka mengganti kampas rem saja sudah tidak memiliki manfaat yang maksimal. Kerusakan yang sudah terlanjur terjadi pada piringan cakram akan  membuat sistem pengereman pada mobil menjadi jauh dari kata efektif. Bahkan yang lebih parah, roda depan mobil bisa bergetar ketika jalan biasa.

Kampas rem aus yang tidak segera diganti pada sistem rem tromol beresiko lebih besar lagi. Gesekan pada tromol akan membuat kerusakan pada komponen lainnya. Biaya ekstra harus dikeluarkan jika tromol sebagai dudukan kanvas rem sudah terkena gesekan karena harus komponen lainpun harus ikut pula diganti.

Tanda – tanda Kanpas Rem Perlu Diganti

Penting untuk diketahui tanda – tanda kanpas rem sudah perlu diganti untuk menghindari berbagai resiko yang disebabkan. Beberapa hal yang bisa dijadikan indikasi kanvas rem sudah aus selain melihat secara langsung, yaitu:

  1. Rem terasa bergetar

Tanda yang pertama adalah ketika rem terasa bergetar ketika diinjak dalam kondisi kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Getaran ini biasanya secara umum disebabkan oleh kanpas rem yang sudah aus. Permukaannya yang tidak lagi rata membuat cengkraman rem pada piringan cakram menjadi tidak sempurna. Akibatnya terjadi getaran pada pedal. Jika tetap diabaikan, efek getarannya ini bisa lebih parah dan akan terasa hingga stir mobil. 

  1. Pengecekan Minyak Rem

Jumlah minyak rem yang berkurang bukan karena kebocoran pada salurannya bisa jadi disebabkan karena kanpas rem yang aus. Ada baiknya segera membawa ke bengkel untuk pengecekan dan penggantian komponen tersebut.

Jika memungkinkan dan memiliki kemampuan, anda juga bisa melakukan pengecekan sendiri dengan melihat kondisinya secara langsung. Jika telihat masih tebal, kemungkinan karena adanya kotoran yang menempel. Bersihkan kanpas rem dari semua kotoran, tetapi jika sudah terlihat tipis maka baiknya segera diganti dengan yang baru.

  1. Pedal rem hanya berfungsi ketika ditekan terlalu dalam

Pada kendaraan yang menggunakan rem tromol pada roda bagian belakang, kanpas rem pada tromol juga akan mengalami aus ketika digunakan terus menerus. Tanda komponen ini terkikis bisa dirasakan ketika rem hanya berfungsi dengan baik ketika pedal rem harus diinjak lebih dalam. 

Hal ini disebabkan karena pegas pengembalian yang sudah kurang berfungsi. Piston mobil yang bergerak akan secara otomatis akan kembali ke posisi semula. Pergerakan piston akan perlu sedikit penekanan saja untuk membuat kendaraan berfungsi jika kanpas pada tromol masih tebal. Kebalikannya, piston harus bergerak lebih jauh ketika kanpas pada tromol sudah menipis. Itulah sebabnya kenapa pedal gas harus ditekan lebih dalam ketika kanpas rem terkikis.

  1. Suara berdecit ketika mengerem mobil

Suara berdecit yang timbul ketika menginjak pegas rem timbul karena suara gesekan logam atau besi. Ini merupakan salah satu tanda kanpas rem sudah aus. 

  1. Rem menjadi tidak pakem

Efek lain dari kanpas rem yang sudah menipis atau habis dan sangat terasa ketika berkendara yaitu rem menjadi kurang pakem atau bahkan tidak pakem sama sekali.  Penekanan dari kampas rem pada piringan cakram menjadi kurang merata sehingga luas permukaan rem pun menjadi berkurang dan kecil. Mobil jadi sulit di rem dan resiko kecelakaan akan menjadi begitu besar. 

Segera ganti kampas rem untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan demi keselamatan berkendara.

Keranjang

close