Cover Stir Mobil, Solusi Tambah Nyaman Saat Menyetir

Memasangkan over stir mobil bukan hanya untuk estetika semata lho. Selain mempercantik interior mobil, cover stir mobil memiliki manfaat untuk keamanan berkendara. Stir mobil merupakan alat pengendali arah mobil seperti layaknya tali kendali pada kuda. Peranan stir begitu penting dalam memberikan rasa nyaman dan aman saat kita berkendara. 

Bahayanya Asal Mengganti Cover Stir Mobil

Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan konsumen mobil produksi Jepang yang rata-rata hanya menggunakan karet atau kulit sintetis untuk melapisi roda kemudi. Berbeda dengan mobil – mobil produk Eropa yang nyaris semua sudah menggunakan bahan kulit asli sehingga nyaman ketika dipegang dan terlihat elegan untuk interior mobil. 

Itulah sebabnya tidak sedikit para pemilik mobil menambahkan cover atau sarung stir pada kendaraan pribadinya. Rata-rata alasan yang dikemukakan karena hanya untuk penampilan interior mobil agar terlihat lebih fancy. Atau merasa tidak nyaman dengan pegangan kemudi bawaan pabrik.

Ternyata menambahkan cover stir yang dilakukan hanya dengan pertimbangan estetika tanpa memperhitungkan kenyamanan berkendara bisa berakibat fatal. Alih-alih, terasa nyaman saat berkendara malah menjadi licin dan bisa menimbulkan petaka. 

Pemilihan material yang tidak sesuai fungsi kemudi menjadi salah satu hal yang beresiko tinggi. Demikian pula dengan ukurannya yang tidak sesuai atau lebih besar dari kemudi. Kedua hal tersebut membuat grip tangan saat mengemudi menjadi berkurang. Akibat fatal bisa saja terjadi dari hal-hal tersebut. 

Tips Memilih Cover Stir

Sarung kemudi mobil memang salah satu bagian kendaraan yang paling potensial mengalami kerusakan akibat gesekan tangan, kuku atau bahkan kunci mobil dan benda-benda keras lainnya. Untuk melindunginya kita perlu menambahkan cover. Memilih dengan teliti dan mengetahui lebih detail permasalahan yang mungkin muncul ketika menambahkan cover stir dapat meminimalisir bahkan menghindarkan resiko kecelakaan. 

Material cover stir yang menggunakan material plastik licin atau berbahan kain berbulu halus sebaiknya dihindari untuk menghindari resiko besar kecelakaan. Hal ini disebabkan material tersebut dapat mengurangi daya cengkram tangan ketika menyetir. 

Jangan paksakan untuk memasang cover yang berukuran lebih besar dari stir mobil. Pemasangan cover seperti ini tidak akan sempurna merekat kuat di permukaan stir . Akibatnya, bisa saja cover yang dipasang yang bergeser ketika pengemudi ingin membelokkan kendaraan alih-alih stir mobil yang bergerak. Sangat berbahaya bukan?

Beberapa jenis bahan cover stir yang bisa menjadi pilihan antara lain :

  1. Cover stir Kulit Premium

Hampir semua sarung stir mobil berbahan baku ini memiliki desain yang elegan dan berkelas. Bahan ini diklaim memiliki kekuatan yang baik dan warnanya tidak mudah pudar karena panas sinar matahari yang masuk melalui kaca depan kendaraan.

Cover kulit premium memiliki kenyamanan dan daya cengkram yang baik pada tangan pengemudi sehingga menghindari terjadinya selip ketika berkendara. 

  1. Cover stir carbon

Bahan carbon menjadi salah satu bahan baku pilihan produsen untuk pembuatan cover stir yang banyak dijual di pasaran. Bahan ini terbilang awet dan tahan lama. Penggunaannya pada kemudi mobil juga terasa nyaman dengan grip yang kuat digenggam tangan ketika mengendarai mobil. Pilihan desainnya juga bermacam-macam dan berkesan mewah. 

  1. Cover stir gentlemen

Perpaduan antara bahan kulit dan kayu membuat tampilan cover stir ini berbeda dari kebanyakan cover stir jenis lain. Meskipun berbahan kayu yang tampak mengkilap, tetapi sarung kemudi ini tidak licin saat dipegang oleh tangan. Sehingga faktor keamanan yang menjadi hal utama tetap terjaga dengan baik saat berkendara.

Rumah Modifikasi merupakan toko online terpercaya yang menyediakan berbagai aksesoris dan spare part kendaraan beroda empat kesayangan anda. Semua produk yang dijual memiliki mutu yang terjamin dan harga yang sangat ramah di kantong. 
Untuk lebih detailnya, anda dapat mengunjungi websitenya di www.rumahmodifikasi.com dan nikmati belanja online yang nyaman dan menyenangkan untuk semua kebutuhan mobil anda.

Keranjang

close