Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Timbulnya bau yang tidak sedap dari ventilator ac, hawa ac yang tidak dingin, menimbulkan suara berisik  hingga mati total dan tidak dapat dinyalakan adalah permasalahan yang sering terjadi pada AC mobil.

Kerusakan – kerusakan tersebut muncul karena kebiasaan  kita yang salah dalam penggunaan dan perawatannya. 

Kita seringkali menyepelekan kerusakan kecil atau masalah yang belum terlalu mengganggu karena ketidaktahuan kita akan efek kerusakan itu di kemudian hari.  Maka penting untuk mencari informasi bagaimana cara penggunaan dan perawatan ac mobil yang benar.untuk memperpanjang dan menjaga lifetime ac mobil.

Bagaimana cara merawat ac mobil yang benar sehingga awet dan tetap dingin?

AC / Air Conditioner merupakan salah satu fitur dari sekian banyak fitur yang disematkan oleh produsen mobil untuk memberikan kenyamanan saat berkendara dengan mobil. Selain fungsinya untuk menjaga kondisi udara di dalam kabin tetap sejuk meski saat cuaca panas terik, tapi juga berguna untuk menghilangkan kabut pada kaca mobil ketika hujan. 

Di negara tropis seperti di negara kita, ac memegang peran sangat penting untuk kenyamanan sopir dan penumpang. Bayangkan bepergian dengan mobil pada siang yang terik dengan ac yang tidak dingin, betapa menyiksanya.

Namun kebanyakan kita menyepelekan dan mengabaikan perawatannya hingga timbul masalah pada ac.

Bagaimana menjaga kondisi AC mobil yang benar dan apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan agar awet, berikut penjelasannya

  1. Pastikan AC harus mati ketika hendak menyalakan mobil. Jangan terburu – buru dinyalakan sesaat setelah mobil dihidupkan tetapi tunggu beberapa saat sampai mesin mobil stabil. Dan selalu matikan ac mobil sebelum mesin dimatikan
  1. Keluarlah dari mobil jika ingin merokok dan jangan pernah melakukannya di dalam mobil. Karena nikotin yang terbawa pada asap rokok akan terhisap dan menempel pada evaporator sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  1. Bersihkan kabin mobil setelah dipakai bepergian. Berikan perhatian lebih pada saat membersihkan karpet atau jok dengan sarung berbahan fabric. Karena debu banyak menempel dan sulit dibersihkan pada bagian – bagian tersebut . Debu yang terhisap AC akan membuat filter cepat kotor akibatnya udara yang dikeluarkan tidak dingin.
  1. Hindari parkir ditempat yang terkena panas matahari langsung karena membuat kerja AC lebih berat untuk mendinginkan seluruh kabin.
  1. Jaga kondisi kondensor agar tidak kotor dan berkarat sehingga terjadi kebocoran. Akibatnya freon menjadi berkurang atau habis. Bersihkan kondensor dengan dengan cara menyemprotkan air ketika mencuci mobil.
  1. Tutup rapat – rapat kaca jendela untuk menghindari debu jalan ikut tersedot AC dan mengotori filter. 
  1. Jangan menyemprotkan parfum langsung pada jendela ac atau meletakkan pengharum mobil terlalu dekat dengan ac. Meskipun ruang pada mobil akan berbau harum, namun hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena minyak dan alkohol dari dua benda tersebut akan mengotori evaporator dan sangat sulit dibersihkan. Gunakan hanya pengharum mobil yang berkualitas.
  1. Matikan AC sejenak  untuk mengistirahatkannya ketika melakukan perjalanan jauh. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pembekuan pada saluran ac.
  1.  Biasakan menyalakan AC ketika mesin mobil berada di RPM rendah yaitu ketika kaki pengemudi tidak dalam posisi menginjak gas. Maksudnya agar komponen pulley dan pressure plate tidak cepat haus karena saling bergesekan hingga menyebabkan AC tidak dingin.
  2.  Setidaknya satu bulan sekali lakukan pemeliharaan pendingin dengan menyalakan AC dengan suhu terendah dan putaran kipas tertinggi selama kurang lebih 20 menit.
  1. Periksakan kondisi AC secara berkala ke bengkel otomotif sebagai tindakan preventif.

Keranjang

close